Resep: Segar Es Pisang Ijo - tanpa daun pisang dan pisang raja

Es Pisang Ijo - tanpa daun pisang dan pisang raja. Es pisang ijo Cocok dijadikan sebagai cemilan atau makanan penutup. Kesegaran dari sajian ini akan terasa sempurna saat disantap siang hari. Es palu butung dan es pisang ijo memiliki cara penyajian yang sama, yakni dengan bubur sumsum dan sirup merah, serta es batu untuk pelengkapnya.

Es Pisang Ijo - tanpa daun pisang dan pisang raja Karena selain menciptakan aroma wangi yang khas, warnanya pun sangat cantik dan alami. Namun jika ingin praktis, boleh juga. Dinamakan pisang hijau karena terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Kamu bisa menyajikan Es Pisang Ijo - tanpa daun pisang dan pisang raja using 17 Bahan-bahan dan 6 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Es Pisang Ijo - tanpa daun pisang dan pisang raja

  1. kamu membutuhkan 3 buah of pisang cavendish (harusnya pakai pisang raja).
  2. siapkan of Bahan Adonan Kulit :.
  3. kamu membutuhkan 60 gram of tepung terigu.
  4. kamu membutuhkan 50 gram of tepung beras.
  5. siapkan 200 ml of santan encer.
  6. siapkan 40 gram of gula.
  7. kamu membutuhkan Sejumput of garam.
  8. kamu membutuhkan of Bahan Bubur :.
  9. siapkan 500 ml of santan (saya pakai santan bubuk).
  10. siapkan 90 gram of tepung beras.
  11. siapkan 70 gram of gula.
  12. siapkan Sejumput of garam.
  13. siapkan Sejumput of vanilli bubuk (resep asli pakai daun pandan).
  14. siapkan of Pelengkap : (Secukupnya atau sesuai selera).
  15. kamu membutuhkan of Sirup cocopandan.
  16. kamu membutuhkan of Susu Kental manis.
  17. siapkan of Es batu.

Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau alami dari campuran daun pandan dan daun suji. Tak hanya itu, es ini juga disajikan menggunakan tambahan sirup berwarna. Sama seperti kolak pisang, es pisang ijo juga menggunakan pisang sebagai bahan utamanya yang kemudian dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau. Nah, daripada jajan melulu, mending kamu coba bikin sendiri di rumah.

Es Pisang Ijo - tanpa daun pisang dan pisang raja instructions

  1. Kukus pisang sampai kulitnya berubah warna saja, kupas kulitnya, dinginkan sebentar, lalu masukkan ke freezer sebentar supaya agak padat ; karena pisangnya lembek banget, harusnya pakai pisang raja..
  2. Siapkan mangkok, masukkan tepung terigu, tepung beras, gula dan garam. Tuangi cairan santan dan pasta pandan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Aduk sampai tidak bergerindil, lalu kukus sampai matang (saat di tes tusuk dengan lidi tidak ada adonan yg menempel). Biarkan agak dingin..
  3. Ambil 1/3 bagian kulit, letakkan diatas plastik wrap yang sudah dioles sedikit minyak goreng, tekan-tekan sebentar dengan tangan lalu gilas dengan rolling pin. Ketebalan disesuaikan kebutuhan..
  4. Ambil satu buah pisang, letakkan diatasnya, gulung dan padatkan sampai menyerupai pisang utuh. Bungkus padat dengan plastik wrap. Saya pakai plastik wrap karena tidak ada daun pisang. Lakukan sampai habis. Kukus sampai matang kira-kira sekitar 20-30 menit. Angkat, buka plastiknya, lalu dinginkan..
  5. Buat buburnya ; didihkan 400 ml santan. Sisanya yang 100 ml dicampur dengan tepung beras, gula dan garam (aduk rata), sisihkan. Jika santan sudah mendidih, tuang campuran tepung beras, aduk perlahan sampai menjadi kental dan meletup-letup (jangan sampai gosong).
  6. Cara penyajian : Ambil secukupnya bubur, potong-potong pisang ijo, letakkan diatas bubur, lalu siram dengan sirup cocopandan, beri es batu yang sudah dihancurkan, dan juga susu kental manis..

Berikut resep dan cara mudah membuat es pisang ijo, seperti dilansir. Es Pisang Ijo adalah salah satu resep minuman segar yang terbuat dari pisang dan merupakan minuman khas Makasar. Seperti minuman khas dari daerah lainnya, pisang ijo ini mempunyai ciri khas khusus yang membuatnya berbeda dengan yang lain. Terbuat dari buah pisang hijau yang dibungkus. Es Pisang Ijo adalah minuman khas Makassar yang sudah sangat terkenal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat siapkan nikmat Es pisang ijo sirup marjan melon

Cara menyajikan Kue pirex es doger bersalju lezat

Cara membuat Puding es doger/puding pirex enak