Cara menyajikan siapkan enak Es pisang ijo khas makassar

Es pisang ijo khas makassar. Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan pewarna makanan alami seperti daun suji dan Nah dari pada penasaran bagaimana sih cara membuat resep es pisang ijo yang merupakan salah satu jajanan asli khas dari Makassar yang. Salah satu sajian khas dari Makassar yaitu pisang hijau atau es pisang ijo. Dinamakan pisang hijau karena terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Es pisang ijo khas makassar Es Pisang Ijo adalah salah satu resep minuman segar yang terbuat dari pisang dan merupakan minuman khas Makasar. ES Pisang Ijo merupakan Makanan khas dari sulawesi Selatan Khususnya Makassar. Karena kelezatannya dan mungkin juga karena tampilannya yang menarik, es pisang ijo makassar ini sekarang sudah menyebar dimana-mana di depot-depot, hotel-hotel maupun restoran kelas bintang. Kamu bisa membuat Es pisang ijo khas makassar using 20 Bahan-bahan dan 7 cara membuat. begini cara membuat.

Bahan untuk membuat Es pisang ijo khas makassar

  1. siapkan of pisang raja (30 buah).
  2. kamu membutuhkan of Bahan kulit :.
  3. siapkan of daun pandan.
  4. siapkan of air.
  5. kamu membutuhkan of tepung beras.
  6. kamu membutuhkan of tepung terigu.
  7. siapkan of gula pasir.
  8. siapkan of santan kental (sy kara 400 ml ditambah air 600 ml).
  9. kamu membutuhkan of Pewarna makanan hijau (sy merk koepoe2).
  10. siapkan of Bahan vla :.
  11. kamu membutuhkan of tepung beras.
  12. siapkan of santan kental.
  13. kamu membutuhkan of garam.
  14. kamu membutuhkan of Daun pandan ikat simpul.
  15. kamu membutuhkan of gula pasir.
  16. siapkan of Bahan tambahan :.
  17. siapkan of Es serut / es batu.
  18. siapkan of Sirup pisang ambon / sirup warna merah.
  19. siapkan of Susu kental manis.
  20. kamu membutuhkan of Daun pisang (untuk mengukus pisang ijonya).

Kuliner khas Kota Makassar ini jadi hidangan yang cukup digemari sebagian besar orang setelah kolak pisang. Nah, daripada jajan terus-menerus, lebih baik Mama coba membuat sendiri resep es pisang ijo ini di rumah. Selain lebih sehat, pastinya juga lebih hemat. Es Pisang Ijo Makassar (Sumber: KOMPASTV).

Es pisang ijo khas makassar step by step

  1. Panaskan panci kukusan, kukus pisang kurleb 10 menit. Tiriskan..
  2. Buat adonan kulit, cuci bersih pandan kemudian potong2 kecil2 dan beri air blender hingga halus lalu saring. Ambil 1 ltr air saringan pandan, sisihkan. Campur tepung beras dan terigu lalu ayak supaya halus, setelah di ayak tambahkan air pandan tadi aduk sampai tercampur rata, kalo masih menggumpal saring adonan basah tersebut sampai tidak ada yg menggumpal..
  3. Tambahkan gula dan santan pada adonan yg sudah disaring halus serta pewarna makanan, lalu letakkan pada wadah tahan panas, kukus selama 30 menit (saya bagi menjadi 2 bagian krn pakai panci kecil)..
  4. Setelah adonan kulit kalis angkat dr panci kukusan (tekstur seperti bubur sumsum) diamkan hingga uap panas hilang..
  5. Siapkan plastik es ukuran besar lalu oles2 dengan minyak, ambil adonan 2 sdm lalu ratakan dan pipihkan. Ambil pisang yg sudah dikukus td (kupas dulu kulitnya ya) lalu balut pisang dengan adonan hijau. Setelah dibentuk, letakkan pada daun pisang yg sudah dibersihkan lalu diolesi minyak supaya tidak lengket. Gulung dan sematkan lidi (kaya bikin lontong). Kukus kembali adonan lontog pisang kurleb 25 menit. Angkat dan dinginkan..
  6. Cara membuat vla : campur semua bahan vla, sampai tidak ada yg menggerindil lalu saring, masukkan dalam panci, masak dengan api kecil sampai jd bubur sumsum (tp teksturnya tidak terlalu kental ya)..
  7. Letakkan dalam piring pisang ijo yg sudah potong2 tambahkan vla, es batu dan skm. Sajikan..

TV - Kota Makassar dikenal sebagai surganya kuliner. Tak heran jika ada anggapan yang menyebutkan, tidak sempurna kunjungan ke Kota Makassar jika tidak mencoba kuliner khasnya. Es pisang Ijo sering disebut dengan nama es pisang ijo dadar sederhana dalah minuman segar khas makasar asli yang terbuat dari pisang raja yang dibalut kulit dadar gulung, makanan sederhana yang telah populer di Indonesia karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Pisang ijo ada juga yang menyebutnya kue pisang ijo merupakan jenis makanan khas Makasar yang dibuat dari bahan pisang yang dibalut dengan tepung dengan warna hijau dari campuran air daun suji. Biasa disajikan sebagai makanan berbuka puasa di bulan ramadhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat siapkan nikmat Es pisang ijo sirup marjan melon

Cara menyajikan Kue pirex es doger bersalju lezat

Cara menyajikan ES CAMPUR "CINCAU, DAWET, TaPE NUTRISARI lezat