Cara membuat siapkan lezat Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo. Salah satu sajian khas dari Makassar yaitu pisang hijau atau es pisang ijo. Alhamdulilah ketemu resep es pisang ijo nya Bunda Endang JTT yang super lembut dan Untuk mendapatkan adonan es pisang ijo yang mantap dengan rasa yang premium, lebih baik gunakan. Es Pisang Ijo adalah salah satu resep minuman segar yang terbuat dari pisang dan merupakan minuman khas Makasar.

Es Pisang Ijo Selain harganya yang murah meriah, cita rasanya pun begitu enak dan lembut. Es Pisang Ijo adalah minuman khas Makassar yang sudah sangat terkenal. Terbuat dari pisang yang dibalut adonan hijau dan dikukus, disajikan bersama bubur tepung, sirup merah, dan es batu. Kamu bisa membuat Es Pisang Ijo using 20 Bahan-bahan dan 11 cara membuat. begini cara menyajikan.

Bahan untuk membuat Es Pisang Ijo

  1. siapkan of Pisang Raja.
  2. siapkan of Tepung Beras.
  3. kamu membutuhkan of Tepung Sagu.
  4. kamu membutuhkan of Gula Pasir.
  5. kamu membutuhkan of Santan Cair.
  6. kamu membutuhkan of Garam.
  7. siapkan of Daun Pandan.
  8. kamu membutuhkan of Daun Suji.
  9. kamu membutuhkan of Daun Pisang.
  10. kamu membutuhkan of Air.
  11. siapkan of Pewarna Makanan Rasa Pandan.
  12. kamu membutuhkan of Sirup Marjan Cocopandan.
  13. kamu membutuhkan of Es serut/Es Batu.
  14. siapkan of Bahan Bubur Sumsum.
  15. siapkan of Maizena.
  16. siapkan of Daun Pandan.
  17. siapkan of Santan Cair.
  18. siapkan of Tepung Beras.
  19. siapkan of Gula Pasir.
  20. siapkan of Garam.

Sama seperti kolak pisang, es pisang ijo juga menggunakan pisang sebagai bahan utamanya Berikut resep dan cara mudah membuat es pisang ijo, seperti dilansir brilio.net dari cookpad.com. Rasa es pisang ijo yang segar dan manis membuat minuman ini banyak dijajakan di berbagai tempat. Mulai dipinggiran jalan hingga pusat perbelanjaan banyak yang menjual es pisang ijo. Sajian es yang satu ini memang udah nggak asing lagi kan buat kita?

Es Pisang Ijo instructions

  1. Langkah pertama menyiapkan alat kukusan. Lalu kukus pisang yang sudah disiapkan sampai matang. Jika sudah matang, silahkan sisihkan terlebih dahulu..
  2. Haluskan daun suji dan pandan dengan dicampur air. Saring dan sisihkan.
  3. Siapkan panci. Lalu masukan bahan-bahan tepung beras, santan, tepung sagu, garam, air suji, pewarna makanan dan gula. Masak semua bahan-bahan tersebut sambil diaduk hingga meletup-letup..
  4. Jika sudah seperti itu, langsung mematikan kompor. Sisihkan adonan.
  5. Kemudian uleni adonan pisang ijo hingga kalis..
  6. Ambil adonan lalu pipihkan adonan tersebut di atas plastik. Ambil pisang yang sudah dikukus. Lalu letakan diatas adonan yang sudah dipipihkan tadi. Kemudian, bungkus pisang dengan menggunakan adonan membentuk pisang..
  7. Susun adonan pisang ijo yang telah dibungkus adonan diatas alat pengukus dengan dilapisi daun pisang..
  8. Kukus di atas api sedang selama kurang lebih 30 menit atau hingga benar-benar matang. Jika sudah, anda bisa mendinginkannya..
  9. Selagi menunggu kukusan benar-benar matang kita dapat membuat bubur sumsum.
  10. Siapkan panci dan rebus semua bahan-bahan hingga mendidih dan kental. Angkat dan tunggu dingin.
  11. Tata pisang di atas mangkuk dan sajikan bersama dengan bubur sumsum, es dan sirup..

Berhubung sekarang sedang bulan #Ramadan, tidak ada salahnya untuk mencoba buat es pisang ijo sendiri sebagai sajian. Pisang ijo atau biasa disebut dengan es pisang ijo ini merupakan salah satu jenis makanan yang khas di Sulawesi Selatan atau tepatnya di daerah Makassar. Es pisang Ijo sering disebut dengan nama es pisang ijo dadar sederhana dalah minuman segar khas makasar asli yang terbuat dari pisang raja yang dibalut kulit dadar gulung, makanan sederhana yang. Es pisang ijo memang sangat segar dinikmati disaat cuaca panas. Es pisang ijo merupakan minuman khas Makasar yang sekarang bisa dengan mudah ditemui di sekitar kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat siapkan nikmat Es pisang ijo sirup marjan melon

Cara menyajikan Kue pirex es doger bersalju lezat

Cara membuat Puding es doger/puding pirex enak